Manfaat Daun Jambu Biji

1.Mencegah diare

Manfaat daun jambu biji yang pertama bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah diare. Pasalnya, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jenis bakteri ini ialah penyebab umum terjadinya diare. Cara menggunakannya mudah. Tambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam secangkir air mendidih, kemudian saring airnya. Minumlah dengan keadaan perut kosong.

2. Menurunkan kolesterol

Banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi, tidak peduli umur mereka. Tenang saja, daun jambu biji dapat menurunkan kadar kolestrol Anda. Sebuah artikel yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism menjelaskan sebuah penelitian di mana para koresponden yang meminum air saringan daun jambu biji. Hasilnya kadar kolestrol mereka menurun setelah 8 minggu.

3. Mencegah obesitas

Masalah berat badan memang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu penyebab obesitas ialah karbohidrat berlebih yang bisa berubah menjadi gula. Daun buah ini dapat mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula.

4. Melawan berbagai macam kanker

Tahukah Anda manfaat daun jambu biji dapat melawan berbagai macam kanker? Tentunya, kanker menjadi musuh paling berbahaya bagi kesehatan setiap orang. Kandungan lycopene antioksidan dalam jumlah tinggi pada daun jambu biji dapat membantu melawan kanker. Terutama kanker payudara, prostat, dan mulut.

5. Menghilangkan jerawat

Jerawat sangat mengganggu penampilan siapapun. Nah, dengan daun jambu biji Anda juga bisa menghilangkan jerawat. Tumbuk daun jambu biji dan oleskan pada jerawat.

6. Meningkatkan tekstur kulit

Selain mengatasi jerawat, manfaat daun jambu biji untuk kecantikan bisa meningkatkan tekstur kulit. Jadi, meskipun tidak memiliki jerawat tidak ada salahnya mengoleskan ramuan daun jambu biji pada wajah Anda. Baik jambu biji maupun daunnya dapat mengencangkan otot-otot wajah.

 7. Mengatasi rambut rontok

Sering memiliki rambut rontok? Tidak perlu pergi ke salon. Cukup merebus daun jambu biji dan pijatkan di kulit kepala. Jangan lupa pastikan airnya sudah dingin sebelum digunakan untuk kulit kepala Anda.

8. Mengatasi diabetes

Penyakit lain yang paling ditakuti setiap orang ialah diabetes. Serat tinggi pada daun jambu biji dapat melawan diabetes dengan meperlambat penyerapan gula dalam darah.  Ekstrak daun jambu biji juga bisa mencegah diabetes tipe 2 berkembang.

9. Mengobati sariawan dan sakit gigi

Manfaat daun jambu biji juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda, lho. Seperti untuk mengobati sariawan dan sakit gigi. Caranya cukup mudah dengan hanya mengunyah daun jambu biji saja Anda sudah bisa mengobati sariawan dan sakit gigi Anda. Jangan lupa, tidak perlu ditelan ya.

10. Mengobati masalah gastrointestinal

Gastrointestinal ialah hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti pada lambung dan usus. Daun jambu biji bisa mengobati masalah gastrointestinal karena mengurangi produksi lendir ekstra yang bisa mengiritasi sistem pencernaan. Juga mencegah pertumbuhan mikroba lebih lanjut dalam usus dengan adanya sifat anti bakteri.

11. Meningkatkan penglihatan

Tidak selalu wortel yang memiliki kandungan untuk kesehatan mata. Daun jambu biji juga mengandung vitamin A tinggi yang dapat meningkatkan penglihatan Anda. Manfaat daun jambu biji  juga dapat membantu menurunkan kehadiran katarak dan degenerasi makula.

12. Bagus untuk otak

Daun jambu biji mengandung vitamin B3 (niasin) dan vitamin B6 (Piridoksin) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Kandungan tersebut juga bisa merangsang fungsi kognitif dan menenangkan saraf.

13. Mengatasi sembelit

Kadar serat pada daun jambu biji amat tinggi. Tidak heran jika daun jambu biji dapat membantu Anda yang susah buang air besar.

Semoga bermanfaat

6 thoughts on “Manfaat Daun Jambu Biji”

  1. Sudah sering untuk no 1….akan mencoba untuk no 12…saya sering mengalami henk…diotak saya…makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *