Mengatasi Gigi Goyang Secara Alami

5 cara mengatasi gigi goyang

Gigi yang goyang pada umumnya dialami oleh balita yang memang sudah akan tumbuh gigi permanen untuk menggantikan gigi susu mereka. Nah, bagaimana jika hal ini terjadi pada orang dewasa? Ya, gigi yang goyang bisa saja dialami oleh orang dewasa yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti benturan, kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat, atau sebab lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi gigi goyang agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Terdapat bermacam faktor yang bisa memicu timbulnya gigi goyang. Penyebab tersebut umumnya bisa dihindari secara pribadi sehingga tidak muncul gangguan gigi goyang yang terasa tidak enak di mulut. Pemicu gigi goyang diantaranya adalah:

  • Faktor genetik, anda bisa mengalami gigi goyang yang muncul secara berulang jika ternyata itu merupakan akibat dari faktor keturunan.
  • Efek samping obat-obatan, penggunaan obat-obatan tertentu juga memicu risiko pada kerusakan lapisan gigi yang membuat gigi mudah rapuh.
  • Kurang menjaga kebersihan mulut dan kesehatan mulut
  • Sering merokok atau mengonsumsi makanan manis
  • Sering mengonsumsi makanan panas dan dingin secara berlebihan.

Gigi goyang memang sangat mengganggu terutama aktifitas didalam mulut. Selain itu, gigi goyang juga akan berpengaruh tidak hanya pada proses mengunyah makanan tetapi juga saat berbicara. Penanganan gigi goyang bisa dilakukan dengan jalan medis maupun tradisional. Adanya penanganan tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan gigi goyang melainkan juga bermanfaat mencegah timbulnya gigi goyang berikutnya. Berikut ini adalah contoh penanganan gigi goyang yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Gigi Goyang

1. Garam

Garam mengandung mineral yang sangat tinggi sehingga bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatasi gigi goyang yang anda miliki.

Cara yang pernlu dilakukan adalah dengan berkumur air garam. Anda bisa membuat air garam ini dengan mencampurkan 3 sendok teh garam dapur pada bebeapa bagian air hangat.

Gunakan air tersebut untuk berkumur setiap pagi dan malam setelah gigi anda bersih. Secara rutin, air garam akan membantu meredakan infeksi dan membersihkan berbagai kuman yang ada pada mulut.

2. Mustard

Mustard merupakan contoh bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi goyang. Keluhan gigi goyang anda bisa perlahan pulih dengan menggunakan mustard.

Minyak mustard atau disebut juga dengan minyak moster mengandung asam yang khas dari tanaman sesawi. Selain itu, minyak mustard juga mengandung kalsium, magnesium serta kalium yang penting untuk kekuatan gigi. mineral yang terkandung didalamnya berfungsi untuk menambah kepadatan gigi anda.

Langkahnya:

Sediakan 2 sdm minyak mustard

Siapkan 1 sdt garam meja yang halus

Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk krim, kemudian oleskan pada gigi serta gusi yang mengalami kerapuhan atau gigi goyang

Bilas atau kumur hingga bersih

Lakukan secara rutin setiap pagi untuk membantu menjaga kekuatan gigi anda yang goyang tadi serta mengurangi kerapuhan gigi

3. Buah Cerme

Buah cerme atau cermai seringkali digunakan untuk bermain saat masih kecil. Pohonnya yang rindang dan penuh tersebut berfungsi melindungi diri dari terik panas matahari. Namun, siapa yang menyangka bahwa buah berasa sangat asam ini mengandung banyak manfaat terutama bagi kesehatan mulut. Buah crème kaya vitamin C, itu sudah pasti. Kandungan dalam buah crème selain vitamin C adalah mineral yang efektif membantu menguatkan gigi goyang.

Cara yang perlu anda lakukan adalah mencampurkan buah crème yang sudah diambil ekstraknya dengan cara diperas atau dihaluskan terlebih dulu dengan segelas minuman hangat. Minuman bisa berupa teh, atau susu sesuai selera anda. Lebih mudahnya, anda bisa langsung saja mengonsumsi buah crème yang telah dicuci bersih dan menggigitnya menggunakan gigi yang sedang bermasalah tersebut.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang kaya dengan manfaat alaminya. Dengan kandungan vitamin C nya yang sungguh tinggi.

Caranya dengan membuat minuman hangat dengan perasan jeruk nipis.

5. Pencabutan

Bila dirasa perlu dan harus dilakukan, ini adalah langkah terakhir yang hrndaknya dilakukan. Karena memang bisa jadi akar gigi sudah tidak sehat lagi dan perlu dilakukan pencabutan secara permanen

Demikian semoga bermanfaat. Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *