Tips Puasa Bagi Penderita DM

TIPS PUASA SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES MELITUS

Bagi penderita diabetes (diabetisi), pola makan dan konsumsi obat yang teratur sudah merupakan hal yang wajib dilakukan. Begitupun beribadah puasa di bulan Ramadhan, seorang diabetisi diperbolehkan tetap menjalankan ibadah puasa asalkan memenuhi aturan tertentu yang disesuaikan dengan kondisi diabetesnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para diabetisi agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan :

  1. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena dengan konsultasi nantinya dokter akan memberikan saran tentang bagaimana cara mengelola diabetes sepanjang bulan puasa sehingga diabetisi dapat berpuasa dengan aman
  2. Sebelum memutuskan berpuasa, sebaiknya diabetesi melakukan pengecekan kadar gula darah terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kadar gula diabetisi dalam kondisi terkontrol (glukosa puasa <126 mg/dl, glukosa sewaktu <200 mg/dl, HbA1c <6,5%). Lakukan pengecekan kadar gula lebih rutin selama menjalankan puasa.
  3. Perhatikan jumlah dan jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Perbanyak konsumsi serat, seperti sayur dan buah-buahan, serta kendalikan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman manis (jika bisa gunakan gula diet).
  4. Usahakan makan sahur mendekati waktu imsak.
  5. Hindari makan berlebihan saat berbuka,konsumsi makanan yang berserat terlebih dahulu. Makanan utama dapat dikomsumsi setelah salat maghrib dan makanan ringan dapat dikonsumsi setelah salat tarawih.
  6. Tetap konsumsi obat setelah sahur dan berbuka puasa. Lakukan penyesuaian jadwal pemberian obat/insulin selama puasa ramadhan sesuai saran dokter.
  7. Jika terjadi kondisi hipoglikemia (penurunan kadar gula secara drastis) segera untuk membatalkan puasa dan sebaliknya jika terjadi kondisi hiperglikemi (peningkatan kadar gula secara drastis) segera batalkan puasa dan lakukan tindakan secara medis.
  8. AmTetap lakukan olahraga diabetisi secara rutin. Lakukan 10-15 menit sebelum sahur dan sebelum berbuka puasa.

sumber : E.N

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *